Yusuf Dwiutama
Kuliah Perilaku Konsumen
IKK233(Consumer Behavior Class)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku
Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Kuliah pertama dilakukan pada hari
Rabu siang 22 Februari 2017
Isi kuliah pada pertemuan pertama
Pada pertemuan pertama, kami disuruh menyebutkan
tren-tren yang sedang berkembang sekarang, ada yang menjawab sebuah judul film,
ada yang menjawab tablet, smartphone, dan lainnya. Tren menjadi topik karena
tren merupakan salah satu hal yang mempengaruhi konsumen. Apalagi orang
Indonesia, tren menjadi pertimbangan penting bahkan no satu dalam membeli suatu produk. Setelah membahas
tentang tren, kami membahas tentang berbagai definisi dan hal-hal yang
berkaitan erat dengan konsumen. Sebelum masuk ke materidosen bertanya kepada
kami, kata apa yang pertama kali muncul saat mendengar kata-kata konsumen dan
setiap mahasiswa tidak boleh menyebutkan kata-kata yang sama. Kata-kata yang
diberikan mahasiswa meliputi pemakai, pembeli, penikmat, pengonsumsi, belanja,
selektif, inovasi, jasa, efisiensi, memilih yang terbaik, membeli, prioritas,
boros, pemasaran, diskon, dan lain-lain yang semuanya adalah benar terkait. Pak
Ujang menjabarkan bahwa pengertian dari konsumen adalah tokoh yang melakukan
pembelian untuk memperkuat perekonomian negara, sehingga di peroleh bahwa
perilaku konsumen adalah perilaku mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi
dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan
mereka. Perilaku konsumen tidak hanya berhubungan dengan behavior atau perilaku. Namun juga berhubungan
erat dengan psikologis konsumennya atau mental konsumennya. Sehingga secara
lebih lengkapnya. Konsumen memiliki arti tindakan, kegiatan, dan proses
psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika
membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di
atas.
Pendekatan yang dilakukan dalam
riset perilaku konsumen ada 3, yaitu :
- Pengambilan keputusan : yaitu manusia memutuskan
secara rasional berdasarkan keinginannya sendiri. contoh : ingin membeli
makan karena lapar
- Eksperiensial (pengalaman) : manusia memilih
berdasarkan alasan tertentu, kegembiraan, gengsi, dan fantasi. contoh :
ikut membeli seragam reuni karena tidak mau dibilang salah kostum
- Pengaruh Behavioral : manusia memilih bersadarkan
pengaruh dari pemasarannya. contoh : membeli jas hujan karena kasihan
dengan penjualnya
Perilaku Konsumen di Dunia memiliki
karakteristik :
- Memiliki kesamaan dan perbedaan perilaku : punya
kesamaan kebutuhan primer, sekunder, tersier.
- Pakaian dan aksesoris yang sama : karena sama-sama
manusia, maka tipe pakaian yang dipakai umumnya memiliki kesamaan.
- Globalisasi ekonomi : dengan adanya teknologi yang
canggih, trend dapat menyebar tidak hanya di dalam negeri, tapi ke seluruh
penjuru negara. Sehingga manusia bisa mengamati bagaimana perilaku
konsumen warga negara lainnya.
- Batas geografi dan budaya makin berkurang : karena
kecenderungan manusia yang tidak pernah puas terhadap apa yang dikonsumsi,
maka mereka akan terus mencari dan mencari sampai mencakup wilayah
internasional. Hal ini dapat menyebabkan batas geografi dan budaya semakin
berkurang.
- Program pemasaran agresif dari perusahaan multinasional
: dengan adanya globalisasi, hal ini memberikan kesempatan bagi para
produsen untuk memasarkan produk-produknya ke rancah negara lainnya
sehingga konsumennya akan semakin banyak dan keuntungan yang didapatkan
akan semakin banyak pula.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "TUGAS PERILAKU KONSUMEN"
Post a Comment
Jangan cuma dibaca aja, tinggalin komentar juga ya..